Assalamu'alaikum Wr.wb



   
A.Pendahuluan

      Kembali lagi di blog muqbil legend :v kali ini saya memposting kegiatan saya di BLC Telkom Klaten (Tempat magang saya). Hari jum'at, tanggal 23 Februari kami kedatangan trainer FreeBSD yang bernama Andy Hidayat. Mas Andy adalah seorang SysAdmin FreeBSD professional di Indonesia, ia sangat menginspirasi kami dengan cerita dan pengalaman mas Andy menjadi  seorang SysAdmin. Perjalanan menjadi seorang SysAdmin menurut cerita yang saya dapat dari mas Andy itu tidak lah mudah. Untuk menjadi seorang SysAdmin kita itu harus menguasai networking, keamanan jaringan,server dan programming. FreeBSD merupakan salah satu OS Server Open Source yang sangat terjamin keamanannya.

B.Pembahasan

      FreeBSD adalah sebuah sistem operasi bertipe Unix bebas yang diturunkan dari UNIX AT&T lewat cabang Berkeley Software Distribution (BSD) yaitu sistem operasi 386BSD dan 4.4BSD-Lite, meskipun pada awalnya FreeBSD rilis 1.0 diturunkan dari sistem operasi 386BSD dan 4.3BSD-Lite. FreeBSD berjalan di atas sistem arsitektur yang kompatibel dengan Intel x86 (Pentium dan Athlon), amd64 (Opteron, Athlon64, dan EM64T), ARM, IA-64, PowerPC, PC-98, DEC Alpha, dan UltraSparc . FreeBSD rilis 6.4 menjadi rilis terakhir untuk dukungan kepada arsitektur DEC Alpha . FreeBSD merupakan turunan dari Berkeley UNIX. Akan tetapi, FreeBSD tidak bisa dipanggil sebagai Unix.
FreeBSD dirilis dengan berbagai lisensi perangkat lunak terbuka. Kode kernel dan mayoritas kode yang baru ditulis dirilis dengan lisensi BSD 2-ayat yang memperbolehkan semua orang untuk memakai dan mendistribusikan FreeBSD sesuai keinginan mereka. Lisensi ini disetujui oleh Yayasan Perangkat Lunak Bebas dan Open Source Initiative sebagai lisensi perangkat lunak bebas dan lisensi perangkat lunak sumber terbuka.

Kelebihan :


  • Bersifat opensource (bisa di download langsung dr www.freebsd.org).
  • Memiliki sistem software third-party yang memberikan kemudahan yang berarti bagi para user untuk menambah atau menghapus aplikasi-aplikasi. Para user cukup mengeksekusi satu baris perintah dan aplikasi-aplikasi dengan sendirinya di-download, dicek integritasnya, di-build, dan diinstall secara otomatis. Tugas-tugas administrasi sistem menjadi sangat praktis dan mudah.
  • Secure, powerfull, mendukung patch dan update, disertai port dan package u/ memudahkan install software lain, disertai firewall, dan ada team yang akan selalu develop OS FreeBSD.
  • Sistem stabil untuk database, server internet, intranet, fill-server, intranet client, pengembangan java.,FreeBSD dpt berjalan lebih cepat dari Linux dalam beberapa bagian misal sbg server NFS,Termasuk s. operasi yg hemat karena fersi gratisnya.



Kekurangan :

  • Free BSD tidak dpt digunakan pada mikro karnal lam PC IBM.
  • Tidak mendukung ISA-plug-and-ply-card.
  • Kecilnya basis developer dan pemakai yang mencari bug/kelemahan program.
  • Belum jelas masa depannya untuk server database dan sistem operasi desktop.

Perbedaan Mendasar


XAMPP Digunakan pada x-OS (Windows,Mac, dan Linux)
WAMP Digunakan pada OS Windows
LAMP Digunakan pada OS Linux
MAMP (additional) Digunakan pada OS Mac


Berbeda tapi hampir sama


      Biarpun mereka berbeda, tetapi mereka juga punya kesamaan, yaitu sama-sama open source. Mungkin jika dilihat dari tiap susunan huruf dari XAMPP, WAMP, LAMP, dan MAMP, mereka punya kesamaan di pola nama. Hal ini disebabkan tiap susunan huruf punya arti, ayo kita jabarin dari nama yang paling lengkap dulu, yaitu XAMPP.

- bisa digunakan aneka macam sistem operasi, seperti: Windows,Linux dan Mac
- Apache
- MySQL
- PHP
- Perl

     Okey, dari pembahasan di atas sudah jelas kalo sisa penjelasan selain XAMPP (WAMP, LAMP, dan MAMP) tidak perlu dijelaskan dalam hal susunan hurufnya ya. Artinya susunan huruf yang tersusun menjadi kata-kata mereka merepresentasikan arti dari fitur-fitur mereka yang bisa digunakan.



Enakan pilih yang mana?


      Secara fungsional mereka semua sama, kalo mau lebih enak sebenernya tergantung kebutuhan kita saja. Contoh: saya butuh web server yang lengkap dengan sistem operasi Windows dimana fiturnya sudah terintegrasi satu sama lain, maka gunakananlah XAMPP, contoh lain adalah jika hanya butuh webserver dan database di sistem operasi linux, untuk fitur lain bisa install sendiri tergantung kebutuhan, maka yang dipilih adalah LAMP.
 
C.Dokumentasi





















D.Referensi
 

User Interface
 


Nah cukup sekian sharing tentang Workshop FreeBSD bersama mister pink
dengan julukan Setan Merah ( Andy Hidayat ) aslinya. :v
maaf:v
saya akhiri


Wassalamu'alaikum Wr.wb