Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

CARA INSTALL VYM DAN DIA PADA TERMINAL LINUX

Assalamu'alaikum






Pendahuluan

     Kali ini saya akan membagikan apaitu? DIA dan VYM dan cara instalnya berikut penjelasannya.

Latar Belakang

       Latar Belakang ini berbagi cara membuat sebuah jadwal kegiatan atau Topologi Jaringan ini adalah saya ingin mengshare salah memanfaatkan aplikasi ini, karena ada beberapa orang belum tau tentang menggunakan bahwa aplikasi semacam ini ada.

Maksud Dan Tujuan

    Maksud dan tujuan saya adalah membagikan bagaimana cara menginstall aplikasi ini, agar orang dapat mempermudah dalam suatu kegiatan lebih cepat dan efisien dalam membuat jadwal kegiatan.

Jangka Waktu

    Jangka waktu yang di butuhkan yakni bisa 10-15 menit, tergantung dari koneksi jaringan yang kita miliki.

Alat dan Bahan yang di gunakan

    Yakni laptop atau pc dan koneksi internet.


 Penjabarannya

      DIA & VYM merupakan software yang terdapat pada sistem operasi linux yang memiliki maksud atau tujuan yang hampir sama. DIA sendiri merupakan software yang berfungsi untuk membuat diagram Flow Chart, Diagram Jaringan, Diagram UML, Diagaram SADT/IDEF0, dan lain-lain.


        Sedangkan pengertian VYM (view your mind) adalah software pada linux yang berfungsi sebagai mapping atau pemetaan pemikiran, dimana pada aplikasi ini anda bisa membantu memanajemen kegiatan dan kreatifitas yang akan kalian lakukan selama beberapa waktu.

        Sedangkan DIA adalah sebuah software yang bersifat free dan open source yang berfungsi untuk membantu pembuatan dan perencanaan diagram agar lebih terstruktur. Aplikasi ini memiliki kelebihan, salah satunya adalah dapat dijalankan di berbagai platform seperti Windows, Mac OS dan Linux. Software ini dikembangkan sebagai bagian dari GNOME oleh Alexander Larsson. GNOME merupakan GUI yang berjalan diatas sistem operasi seperti Linux dan Solaris, perlu diketahui “DIA” dibuat menggunakan bahasa pemrograman C.

Cara Penginstallannya


- Mengistal VYM Secara online

1.  Untuk membuka terminal (ctrl+alt+T)
2.  masuk sebagai root dengan perintah $ sudo su
3.  lalu Ketik #apt-get install dia


4. dan selesai

- Menginstal DIA 

1.  Buka terminal linux dengan (ctrl+alt+T)
2.  masuk lah sebagai root dengan perintah (sudo su)
3. lalu ketikkan # apt-get install dia




4. dan penginstallan DIA telah selesai

   Jadi dalam menyelesaikan sesuatu pekerjaan kita haruslah memiliki target, baik target waktu maupun target pelaksanaannya.Seperti pengistallan dia ini tidak lah membutuhkan waktu yang lama tetapi tergantung dari koneksi jaringa kita juga lemot atau tidak.

   Sekian pembahasan apa itu VYM dan DIA apa bila ada kesalahan mohon bantuannya untuk mengkoreksi sekian terima kasih

Wassalamu'alaikum Wr.wb

Posting Komentar

0 Komentar