Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

HARI PERTAMA TRAINING CISCO II BLC TELKOM KLATEN

Assalamu'alaikum Wr.wb






Pendahuluan

kali ini saya akan membagikan hari pertama training cisco di BLC Telkom Klaten, dan pertemuan kali ini membahas tentang pengenalan prangkat cisco berikutlah penjelasannya.

Latar Belakang

Karena saat akan mengkonfigurasi sebuah prangkat router cisco kita harus lah tau apa itu prangkat cisco, dan apa saja kelebihannya.

Pembahaasan

Cisco adalah peralatan utama yang banyak digunakan pada Jaringan Area Luas atau Wide Area  Nah di pembahasan ini juga saya sedikit mengerti tentang materi materi dasar cisco, salah satunya membahas: 
NETWORK ESENSIAL??
teknologi auto and...??(teknologi untuk membuat kabel straight dapat menghubungkan dua device ang sama)
Data=nilai yang mewakili sesuatu. jadi fungsi jaringan adalah untuk mentransmisikan data. dan untuk penyimpanan data jangka panjang(server)
Macam dataNetwork (WAN). Dengan cisco router, informasi dapat diteruskan ke alamat-alamat yang berjauhan dan berada di jaringan computer yang berlainan. Yang bertujuan untuk dapat meneruskan paket data dari suatu LAN ke LAN lainnya, Cisco router.

Jaringan adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling berkomunikasi dengan bertukar data. Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien (client) dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen (server). Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Dua buah komputer yang masing-masing memiliki sebuah kartu jaringan, kemudian dihubungkan melalui kabel maupun nirkabel sebagai medium transmisi data, dan terdapat perangkat lunak sistem operasi jaringan akan membentuk sebuah jaringan komputer yang sederhana.Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub, Bridge, Switch, Router, Gateway sebagai peralatan interkoneksinya.

A. Berkomunikasi di Dunia yang Saling Terhubung

Jaringan lokal hadir dalam berbagai ukuran mulai dari peer-to-peer (dua perangkat yang saling berhubungan), jaringan rumah, SOHO, dan jaringan organisasi besar.
Pada jaringan pasti ada pertukaran data bukan? berikut adalah penjelasan tentang data

B. Mengirimkan Data pada Jaringan

Apasi data? data adalah nilai yang mewakili sesuatu.

Dan pada pengiriman data dikenal juga yang namanya Bit

bit adalah  bilangan yang merujuk pada sebuah digit dalam sistem angka biner (basis 2). Sebagai contoh, angka 1001011 memiliki panjang 7 bit. Digit biner hampir selalu digunakan sebagai satuan terkecil dalam penyimpanan dan komunikasi informasi di dalam teori komputasi dan informasi digital. 
dan bit itu sendiri adalah singkatan dari digit binary.

a. Fungsi bit pada jaringan

komputer menggunakan kode biner untuk mewakili dan menafsirkan huruf, angka dan karakter khusus dengan bit.Setiap kelompok delapan bit, seperti representasi huruf dan angka, dikenal sebagai byte.

b. Transmisi Bit.

Bit ditransmisikan sebagai sinyal melalui kawat tembaga ( listrik), kabel serat optik ( cahaya ), dan nirkabel (gelombang radio).



 



Pada jaringan pada pengiriman data dikenal istilah bandwith dan troughput.

Bandwidh

Bandwidh data adalah jumlah data yang dapat mengalir dari satu tempat ke tempat lain dalam jumlah waktu tertentu yang diukur dalam jumlah bit yang (secara teoritis) dapat dikirim melintasi media dalam hitungan detik. Atau bisa disebut juga sebagai media transmisinya.

Throughput. 
Throughput adalah ukuran sebenarnya dari transfer bit ke media selama periode waktu tertentu. atau leih rincinya adalah ukuran data yang sebenarnya.
Banyak faktor yang mempengaruhi throughput termasuk jumlah data yang dikirim / diterima, jenis data yang ditransmisikan, dan akumulasi latency yang dihasilkan oleh jumlah perangkat jaringan yang ditemui antara sumber dan tujuan.
B. Jaringan Lokal
     Pada jaringan lokal terdapat Infrastruktur/komponen jaringan yang meliputi:  Intermediate devices (perangkat perantara), End devices (perangkat host/client), Network media (media transmisi)

a. Intermediate adalah media yang digunakan untuk menghubungkan jaringan, yakni router, switch, ap

b. end device adalah prangkat host atau client seperti laptop, komputer, print, dll.

c. Network media adalah perangat yang digunakan untuk mentrasmisikan data yakni

 


 yakni lan atau kabel UTP, WAN menggunakan kabel FO, dan wireless Media


 C.  Membangun Jaringan Sederhana

       1. Peer-to-Peer
       2. Client dan Server
       

1. Peer-to-Peer adalah hubungan dua komputer yang saling  bertukar data yang dimana setiap komputer dapat beragantian menjadi server.
2. client server dimana cleint adalah yang meriquest atau meminta dan server sebagai penyedianya.

Referensi



Posting Komentar

0 Komentar