Assalamualaikum
Wr.wb
Pertama
saya panjatkan puji beserta syukur kepada Allah SWT yang mana atas
berkat rahmat dan karunianya saya masih diberi kesehatan dan
keselamatan.
1. Pengertian
1. Pengertian
Di
dalam pembahasan training pada hari itu ada banyak, diantaranya
membahas Troubleshooting dan masih banyak lagi, untuk lebih jelasnya
simak pembahasan berikut.
2.
Latar Belakang
Karena
saya pada hari ini saya masih melakukan training cisco bersama dengan
BestPath.
3.
Maksud dan Tujuan
Berbagi
pengetahuan tentang materi dasar cisco.
4. Hasil Yang Di Harapkan
4. Hasil Yang Di Harapkan
Saya
harap ilmu yang saya bagikan bisa bermanfaat bagi kalian yang
membacanya dan kalian yang membaca bisa paham tentang materi dasar
cisco.
B.
Proses dan Tahapan Pelaksanaan
Pada
hari ini saya belajar untuk
melakukan trobelshooting
Trouble
Shooting Apa itu ‘Network Troubleshooting’?
Yaitu
proses mengidentifikasi, menemukan dan memperbaiki masalah jaringan.
Mempertahankan
dokumentasi penting saat troubleshooting.
Mengumpulkan
Informasi
Pertanyaan
individual dengan client
Cara melakukan
troubleshooting
-
Menggunakan panca indra
-
Penglihatan mata ini biasanya kalu kita trobelshot di phisical masalah kabel
-
led perangkat
-
Penciuman bau yang terbakar over head kepanasan
-
Peraba menyentuh kalian pernah gak ngecek ada angin yan pas kalian masnag heatsink fans
-
Pendengaran jika hatsink fans nya ada bunyi yang agak engak enak berat itu ada masalah
-
Menggunakan Software dan Utility
-
ipconfig untuk melihat ip
-
ping mengetes koneksi
-
netstat menampikan koneksi jaringan melihat ip yang sedang berjalan tapi tcp
-
tracert untuk melihat destination
-
nslookup buat melihat ip dari domain
-
-
Informasi IP Windows
-
ipconfig untuk menggcek ip
-
ipconfig /all fungsinya untuk menampilkan semua konfigurasi dns server mac address derver
-
ipconfig /release and ipconfig /renew
-
jadi ketika kalian mau mendapatkarelease n dhcp yang baru bisa mmengunakan ip config relese dan melepas ip address yang ternanam yang tertancap ke dhcp
-
ip config rewew meminta yang baru
-
-
Menggunakan perintah ping
-
‘Ping’ itu digunakan untuk menguji apakah host tujuan bisa tercapai.
-
Perintah ‘ping’ bisa diikuti dengan alamat IP atau nama host tujuan.
-
kalau rto itu masalahnya biasanya di konfig nya atau si perangkat itu mati atau kabel nya itu mati
-
uncrecable itu biasanya masalahnya di routing
-
Apa
hasil dari ‘PING’?
-
Jika ping ke kedua nama dan alamat IP berhasil, namun pengguna tetap tidak dapat mengakses aplikasi, maka masalahnya kemungkinan besar berada pada aplikasi di host tujuan.
-
Jika ping tidak berhasil, maka konektivitas jaringan di sepanjang jalur menuju tujuan kemungkinan besar adalah masalah.
-
Jika ping ke default gateway berhasil, masalahnya bukan lokal. Jika ping ke default gateway gagal, masalahnya berada pada jaringan lokal.
-
Ping mungkin gagal karena firewall pada perangkat pengirim atau penerima, atau router di sepanjanga jalur yang menghalangi ping.
-
mcmp untuk ketika kita memngeping jika ada kesalahan maka akan mengirim pesan tentang rto , uncricable
-
ping resullt apa yang di hasilkan ketika kita ngeping jika kita bisa neping tapi ada kasalhan mungkin maaterinya kesalahanya padaa aplication nya , DNS yang di kelaian masukan
Bisakah
saya mencapai tujuan?
-
Utilitas tracert menyediakan informasi konektivitas tentang jalur yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dan tentang setiap router (hop) di sepanjang jalur.
-
Mengidentifikasi Keaktifan Koneksi
-
Netstat mencantumkan protokol yang digunakan.
-
Mengatasi Masalah DNS
-
Utilitas nslookup memungkinkan #pengguna untuk mencari informasi#tentang nama DNS tertentu di server#DNS.
-
seumpa ketika kita tidajk terhubung ke google kita bisa mengecek mengunakan traceroute maksutnya kita bisa masuk mengecek sampai berapa
-
koneksi aktif
Divide and
Conquer
Ping dari
klien wireless ke default gateway
Ping dari
klien berkabel ke default gateway
Ping dari
klien wireless ke klien berkabel
Bottom Up
Memeriksa
LED
LED
mungkin berubah warna atau
flash
untuk menyampai- kan informasi
-
Penyebab Masalah Wireless
-
Tidak semua standar wireless itu kompatibel.
-
Setiap percakapan wireless harus terjadi pada saluran terpisah dan tidak tumpang tindih.
-
Kekuatan sinyal RF menurun dengan jarak.
-
Sinyal RF rentan terhadap gangguan dari sumber luar
-
AP berbagi bandwith yang tersedia di antara perangkat.
-
Kesalahan Otentikasi dan Asosiasi
-
SSID harus sesuai dengan AP dan klien.
-
Klien dan AP harus dikonfigurasi dengan kunci otentikasi yang sama.
-
Kunci enkripsi yang sama harus dikonfigurasi pada AP dan klien.
-
IACP itu
adalah teknologi supaya misalkan mengabungkan phisical kabel menjadi
satu logical kabel jadi gini maksutnya di switch kabelnya kan
banyak tapi kecepatnya lambat supaya ke cepatanya nambah mngunakna
lacp IACP.
-
Kesalahan Konfigurasi Server DHCP
-
Informasi tabel klien harus sesuai dengan informasi host lokal
-
Melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa router memiliki alamat IP
-
Interface LAN dari router wireless harus ditetapkan sebagai default gateway
-
default gatway adalah ip yang di gunakan untuk kepada client
-
-
Mengapa kita tidak bisa terkoneksi ke Internet?
-
Periksa halaman status router.
-
Periksa sema koneksi fisik dan indikator LED.
-
Cobalah untuk menghubungkan kembali koneksinya.
-
-
Mungkinkah itu Firewall?
-
Periksa apakah aplikasi itu port TCP atau UDP ‘open’dan tidak ada daftar filter memblokir lalu lintas ke portitu.
-
Periksa semua pengaturan di router untuk memastikan tidak adanya pembatasan keamanan yang dapat menyebabkan masalah
-
Dimana
saya bisa mendapatkan bantuan?
Mungkin
perlu mendapat bantuan dari sumber luar.
-
Kapan saya bisa memanggil batuan itu?
-
Mungkin perlu menghubungi bagian dukungan vendor atau ISP untuk mendapatkan bantuan.
-
Menggunakan Meja Dukungan
-
Penting untuk memberi informasi pendukung sebanyak
-
mungkin suatu informasi.
-
it suport
mengecek ngecek
network
engineer itu cuma ngecek jaringan
-
Menyelesaikan Masalah
-
Mereka dapat meningkatkan masalah ke tingkat yang lebih tinggi.
-
Catat semua informasi mengenai interaksi dengan meja dukungan Tiket dan Tata Kerja
-
Saat pelanggan mengidentifikasi siapa mereka, si teknisi mengakse pelanggan yang relevan informasi.
-
Informasi dipindahkan ke sebuah tiket masalah, atau laporan kejadian.
-
Bila diperlukan panggilan di tempat,informasi tiket bermasalah bisa dikonversi menjadi sebuah perintahkerja.
-
meja dukungan jika ada masalah pasti kan ada diskusi hasil diskusi nanti kita catat dan itu yang bisa membantu menyelesaikan masalah
-
C.Waktu
Pelaksanaan
Satu Hari.
D.Kesimpulan
Jadi pada
hari ini saya belajar tentang trabel shutting yang terdapat pada
capther 9.
E.Referensi
-
sekian
shering kali ini saya akhiri
Wassalamu’alaikum
Wr.wb
0 Komentar
Belar jangan hanya satu sumber ok:v