Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

HARI KEDELAPAN TRAINING CISCO


Assalamualaikum Wr.wb




A. Pendahuluan
Pertama saya panjatkan puji beserta syukur kepada Allah SWT yang mana atas berkat rahmat dan karunianya saya masih diberi kesehatan dan keselamatan.

1. Pengertian


Di dalam pembahasan training pada hari itu ada banyak, diantaranya membahas Troubleshooting dan masih banyak lagi, untuk lebih jelasnya simak pembahasan berikut.
2. Latar Belakang

Karena saya pada hari ini saya masih melakukan training cisco bersama dengan BestPath.

3. Maksud dan Tujuan

Berbagi pengetahuan tentang materi dasar cisco.

4. Hasil Yang Di Harapkan

Saya harap ilmu yang saya bagikan bisa bermanfaat bagi kalian yang membacanya dan kalian yang membaca bisa paham tentang materi dasar cisco.

B. Proses dan Tahapan Pelaksanaan

Pada hari ini saya belajar untuk melakukan trobelshooting

Trouble Shooting Apa itu ‘Network Troubleshooting’?
Yaitu proses mengidentifikasi, menemukan dan memperbaiki masalah jaringan.
Mempertahankan dokumentasi penting saat troubleshooting.
Mengumpulkan Informasi
Pertanyaan individual dengan client

Cara melakukan troubleshooting
  • Menggunakan panca indra
    • Penglihatan mata ini biasanya kalu kita trobelshot di phisical masalah kabel
    • led perangkat
    • Penciuman bau yang terbakar over head kepanasan
    • Peraba menyentuh kalian pernah gak ngecek ada angin yan pas kalian masnag heatsink fans
    • Pendengaran jika hatsink fans nya ada bunyi yang agak engak enak berat itu ada masalah

  • Menggunakan Software dan Utility
    • ipconfig untuk melihat ip
    • ping mengetes koneksi
    • netstat menampikan koneksi jaringan melihat ip yang sedang berjalan tapi tcp
    • tracert untuk melihat destination
    • nslookup buat melihat ip dari domain


  • Informasi IP Windows
    • ipconfig untuk menggcek ip
    • ipconfig /all fungsinya untuk menampilkan semua konfigurasi dns server mac address derver
    • ipconfig /release and ipconfig /renew
    • jadi ketika kalian mau mendapatkarelease n dhcp yang baru bisa mmengunakan ip config relese dan melepas ip address yang ternanam yang tertancap ke dhcp
    • ip config rewew meminta yang baru


  • Menggunakan perintah ping
    • ‘Ping’ itu digunakan untuk menguji apakah host tujuan bisa tercapai.
    • Perintah ‘ping’ bisa diikuti dengan alamat IP atau nama host tujuan.
    • kalau rto itu masalahnya biasanya di konfig nya atau si perangkat itu mati atau kabel nya itu mati
    • uncrecable itu biasanya masalahnya di routing

Apa hasil dari ‘PING’?

  • Jika ping ke kedua nama dan alamat IP berhasil, namun pengguna tetap tidak dapat mengakses aplikasi, maka masalahnya kemungkinan besar berada pada aplikasi di host tujuan.
  • Jika ping tidak berhasil, maka konektivitas jaringan di sepanjang jalur menuju tujuan kemungkinan besar adalah masalah.
  • Jika ping ke default gateway berhasil, masalahnya bukan lokal. Jika ping ke default gateway gagal, masalahnya berada pada jaringan lokal.
  • Ping mungkin gagal karena firewall pada perangkat pengirim atau penerima, atau router di sepanjanga jalur yang menghalangi ping.
  • mcmp untuk ketika kita memngeping jika ada kesalahan maka akan mengirim pesan tentang rto , uncricable
  • ping resullt apa yang di hasilkan ketika kita ngeping jika kita bisa neping tapi ada kasalhan mungkin maaterinya kesalahanya padaa aplication nya , DNS yang di kelaian masukan


Bisakah saya mencapai tujuan?
  • Utilitas tracert menyediakan informasi konektivitas tentang jalur yang dibutuhkan untuk mencapai tujuan dan tentang setiap router (hop) di sepanjang jalur.
  • Mengidentifikasi Keaktifan Koneksi
  • Netstat mencantumkan protokol yang digunakan.
  • Mengatasi Masalah DNS
  • Utilitas nslookup memungkinkan #pengguna untuk mencari informasi#tentang nama DNS tertentu di server#DNS.
  • seumpa ketika kita tidajk terhubung ke google kita bisa mengecek mengunakan traceroute maksutnya kita bisa masuk mengecek sampai berapa
  • koneksi aktif

Divide and Conquer
Ping dari klien wireless ke default gateway
Ping dari klien berkabel ke default gateway
Ping dari klien wireless ke klien berkabel
Bottom Up
Memeriksa LED
LED mungkin berubah warna atau
flash untuk menyampai- kan informasi


  • Penyebab Masalah Wireless
    • Tidak semua standar wireless itu kompatibel.
    • Setiap percakapan wireless harus terjadi pada saluran terpisah dan tidak tumpang tindih.
    • Kekuatan sinyal RF menurun dengan jarak.
    • Sinyal RF rentan terhadap gangguan dari sumber luar
    • AP berbagi bandwith yang tersedia di antara perangkat.
    • Kesalahan Otentikasi dan Asosiasi
    • SSID harus sesuai dengan AP dan klien.
    • Klien dan AP harus dikonfigurasi dengan kunci otentikasi yang sama.
    • Kunci enkripsi yang sama harus dikonfigurasi pada AP dan klien.



IACP itu adalah teknologi supaya misalkan mengabungkan phisical kabel menjadi satu logical kabel jadi gini maksutnya di switch kabelnya kan banyak tapi kecepatnya lambat supaya ke cepatanya nambah mngunakna lacp IACP.


  • Kesalahan Konfigurasi Server DHCP
    • Informasi tabel klien harus sesuai dengan informasi host lokal
    • Melakukan pemeriksaan untuk memastikan bahwa router memiliki alamat IP
    • Interface LAN dari router wireless harus ditetapkan sebagai default gateway
    • default gatway adalah ip yang di gunakan untuk kepada client

  • Mengapa kita tidak bisa terkoneksi ke Internet?
    • Periksa halaman status router.
    • Periksa sema koneksi fisik dan indikator LED.
    • Cobalah untuk menghubungkan kembali koneksinya.


  • Mungkinkah itu Firewall?
    • Periksa apakah aplikasi itu port TCP atau UDP ‘open’dan tidak ada daftar filter memblokir lalu lintas ke portitu.
    • Periksa semua pengaturan di router untuk memastikan tidak adanya pembatasan keamanan yang dapat menyebabkan masalah

Dimana saya bisa mendapatkan bantuan?
Mungkin perlu mendapat bantuan dari sumber luar.


  • Kapan saya bisa memanggil batuan itu?
    • Mungkin perlu menghubungi bagian dukungan vendor atau ISP untuk mendapatkan bantuan.
    • Menggunakan Meja Dukungan
    • Penting untuk memberi informasi pendukung sebanyak
    • mungkin suatu informasi.

it suport mengecek ngecek
network engineer itu cuma ngecek jaringan

  • Menyelesaikan Masalah
    • Mereka dapat meningkatkan masalah ke tingkat yang lebih tinggi.
    • Catat semua informasi mengenai interaksi dengan meja dukungan Tiket dan Tata Kerja
    • Saat pelanggan mengidentifikasi siapa mereka, si teknisi mengakse pelanggan yang relevan informasi.
    • Informasi dipindahkan ke sebuah tiket masalah, atau laporan kejadian.
    • Bila diperlukan panggilan di tempat,informasi tiket bermasalah bisa dikonversi menjadi sebuah perintahkerja.
    • meja dukungan jika ada masalah pasti kan ada diskusi hasil diskusi nanti kita catat dan itu yang bisa membantu menyelesaikan masalah







C.Waktu Pelaksanaan

Satu Hari.

D.Kesimpulan

Jadi pada hari ini saya belajar tentang trabel shutting yang terdapat pada capther 9.

E.Referensi

-

sekian shering kali ini saya akhiri

Wassalamu’alaikum Wr.wb



Posting Komentar

0 Komentar