Assalamu'alaikum Wr.wb



A.   Pendahuluan

1. Pengertian
            Content management system disingkat CMS) adalah perangkat lunak yang digunakan untuk menambahkan atau memanipulasi (mengubah) isi dari suatu situs web. Umumnya, sebuah CMS (Content Management System) terdiri dari dua elemen:

aplikasi manajemen isi (Content Management Application, CMA)
aplikasi pengiriman isi (content delivery application, CDA)


2.)Latar Belakang    
            Setelah kita menginstal LAMP Server di Localhost, biasanya kita akan menginstall aplikasi CMS guna kebutuhan tertentu
3.)Maksud dan Tujuan    
            Mengenal macam-macam CMS
4.)Hasil yang Diharapkan
            Dapat mengerti macam-macam CMS

B.Pembahasan
 1. CMS WordPress
        CMS WordPress ini adalah sebuah CMS untuk kegiatan blogging. Namun sekarang ini banyak orang yang menggunakan CMS WordPress untuk membuat website perusahaan, toko online ataupun portfolio. Kemudahan dalam customize WordPress membuat orang paling sering menggunakan CMS ini.

 2. CMS Joomla
        CMS Joomla digunakan untuk membuat sebuah website baik itu company profile, personal, website sekolah, hingga toko online. Karena CMS Joomla ini memang dikhususnya untuk membangun website yang powerfull. Namun beberapa tahun terakhir banyak yang meninggalkan CMS Joomla karena banyak celah bug yang bisa dimanfaatkan orang untuk menghack situs kita.

 3. CMS Drupal
       Dengan Drupal Anda dapat dengan mudah membangun berbagai jenis halaman website-dari membuat blog sederhana sampai forum online dengan komunitas yang besar. Drupal memiliki beberapa modul tambahan yang menarik, seperti untuk search tool dan search-engine friendly URL, dan agregator berita.

 4. Aura CMS
      Aura CMS merupakan CMS hasil buatan anak indonesia. Beberapa mengggunakan Aura CMS untuk membuat website pribadi ataupun website portfolio sebuah perusahaan. Namun karena kurangnya dukungan dari developer dan komunitas, Aura CMS tidak begitu familiar digunakan orang.

 5. CMS Opencart
           CMS OpenCart adalah CMS khusus untuk membuat sebuah Toko Online. CMS ini juga banyak dipakai baik bagi kalangan personal maupun developer yang ingin membangun sebuah toko online. CMS Opencart ini sudah bisa dibilang lengkap, karena memang CMS ini dikhususkan untuk E-Commerce.

 6. CMS Prestashop
           CMS Prestashop merupakan CMS yang hampir sama dengan Opencar. Prestashop dikhususkan untuk membuat sebuah toko online dengan mudah. Fitur-fitur prestashop juga hampir sama dengan yang diberikan oleh CMS Opencart
7. CMS Moodle
          CMS Moodle adalah sebuah CMS yang digunakan untuk membuat aplikasi E-Learning. Dalam CMS Moodle ini sudah terdiri fitur-fitur E-Learning yang sangat lengkap mulai dari online test, forum, dll. Manajemen CMS ini agak sedikit rumit, dan harus diperlukan pemahaman tentang cara menggunakannya.

 8. CMS vBulletin
            CMS vBulletin merupakan CMS yang dikhususkan untuk membuat forum diskusi seperti Kaskus, Ads ID dan forum-forum diskusi lainnya. CMS vBulletin dilengkapi modul-modul chat, private message dan fitus forum lainnya.
   
C.Kesimpulan

   
            CMS memiliki beberapa fungsi yang dapat menunjang kebutuhan server guna pelayanan untuk client.

D.Referensi


Cukup untuk Kali ini ya jika ada permsalahan coba tanyakan ya sapa  tau saya bisa bantu nanti :V

Wassalamu'alaikum Wr.wb