Ad Code

Responsive Advertisement

Ticker

6/recent/ticker-posts

Sharing SOP (Standard Operasional Prosedur)

  Assalamu'alaikum Wr.wb     


A.Pendahuluan
 
Selamat hari sabtu semua :v yang sekolahnya 5 hari kerja pasti hari ini libur kan? kalo iya, mari kita isi hari ini dengan hal-hal positif seperti menambah ilmu dan pengetahuan. Postingan saya kali ini membahas tentang SOP. SOP itu bukan makanan :v SOP itu singkatan dari Standard Operating Procedure. Untuk lebih jelasnya silahkan baca artikel berikut.    


B.Pengertian
 
Standart Operating Prosedure (SOP) adalah serangkaian instruksi kerja tertulis yang dibakukan (terdokumentasi) mengenai proses penyelenggaraan administrasi perusahaan, bagaimana dan kapan harus dilakukan, dimana dan oleh siapa dilakukan. Menurut Tjipto Atmoko, Standart Operasional Prosedur merupakan suatu pedoman atau acuan untuk melaksanakan tugas pekerjaan sesuai dengan fungsi dan alat penilaian kinerja instansi pemerintah berdasarkan indikator-indikator teknis, administratif dan prosedural sesuai tata kerja, prosedur kerja dan sistem kerja pada unit kerja yang bersangkutan.


C.Manfaat
▪ sebagai standarisasi cara yang dilakukan pegawai dalam menyelesaikan pekerjaan yang menyelesaikan tugasnya.

▪ Mengurangi tingkat kesalahan dan kelalaian yang mungkin dilakukan oleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugas.
 

▪ Meningkatkan efisiensi dan efektivitas pelaksanaan tugas dan tanggung jawab individual pegawai dan organisasi secara keseluruhan.

▪ Membantu pegawai menjadi lebih mandiri dan tidak bergantung pada intervensi manajemen, sehingga akan mengurangi keterlibatan pimpinan dalam pelaksanaan proses sehari-hari.
 

▪ Meningkatkan akuntibilitas pelaksanaan tugas.

▪ Menciptakan ukuran standar kinerja yang akan memberikan pegawai cara konkrit untuk memperbaiki kinerja serta membantu mengevaluasi usaha yang telah dilakukan.


▪ Memastikan pelaksanaan tugas penyelenggaraan pemerintahan dapat berlangsung dalam berbagai situasi.


▪ Memberikan informasi mengenai kualifikasikompetensi yang harus dikuasai oleh pegawai dalam melaksanakan tugasnya.


▪ Memberikan informasi dalam upaya peningkatan kompetensi pegawai.


▪ Memberikan informasi mengenai beban tugas yang dipikuloleh seorang pegawai dalam melaksanakan tugasnya.

D.Tujuan

▪ Agar petugas/pegawai menjaga konsistensi dan tingkat kinerja petugas/pegawai atau tim dalam organisasi atau unit kerja.
 

▪ Agar mengetahui dengan jelas peran dan fungsi tiap-tiap posisi dalam organisasi.
 

▪ Memperjelas alur tugas, wewenang dan tanggun jawab dari petugas/pegawai terkait.
 

▪ Melindungi organisasi/unit kerja dan petugas/pegawai dari malpraktek atau kesalahan administrasi lainnya.
 

▪ Untuk menghindari kegagalan/kesalahan, keraguan, duplikasi, dan inefisiensi.


E.Fungsi
 
▪ Memperlancar tugas petugas/pegawai atau tim/unit kerja.
 

▪ Sebagai dasar hukum bila terjadi penyimpangan.
 

▪ Mengetahui dengan jelas hambatan-hambatannya dan mudah dilacak

▪ Mengarahkan petugas/pegawai untuk sama-sama disiplin dala bekerja.


▪ Sebagai pedoman dalam melaksanakan pekerjaan rutin.

F.Keuntungan Adanya SOP (Standar Operasional Prosedur)

▪ SOP yang baik akan menjadi pedoman bagi pelaksana,menjadi alat komunikasi dan pengawasan dan menjadikan pekerjaan diselesaikan secara konsisten.

▪ Para pegawai akan lebih memiliki percaya diri dalam bekerja dan tahu apa yang harus dicapai dalam setiap pekerjaan.
 

▪ SOP juga bisa dipergunakan sebagai salah satu alat trainning dan bisa digunakan untuk mengukur kinerja pegawai. 
G.Referensi
eBook SOP BLC Telkom Klaten
Sekian tentang shering saya kali ini, tentang shering SOP dari pembimbing blc
saya akhiri

Wassalamu'alaikum Wr.wb

Posting Komentar

0 Komentar